Sabtu, 07 Desember 2013

Tentang Keistimewaan Bahasa Arab




Apa saja kelebihan bahasa al-Quran dan ciri-ciri bahasa Arab itu?

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Bahasa Arab memang sebuah bahasa yang istimewa. Sehingga Allah SWT berkenan berbicara kepada umat manusia dengan bahasa Arab lewat Al-Quran Al-Kariem. Padahal Al-Quran itu bukan hanya ditujukan kepada bangsa Arab saja, melainkan untuk seluruh umat manusia sepanjang zaman.

Allah SWT bukan tidak tahu bahwa manusia itu memiliki ribuan jenis bahasa yang saling berbeda. Namun Dia telah menetapkan bahwa hanya ada satu bahasa yang digunakannya untuk memberik petunjuk buat milyaran umat manusia, yaitu bahasa Arab.

Sebelum diutusnya nabi Muhammad SAW, memang Allah SWT berbicara kepada umat manusia dengan menggunakan bahwa masing-masing. Dan Allah SWT mengutus para nabi dari keturunan masing-masing bangsa dan bahasa itu. Sebagaimana firman-Nya:
Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.
Namun khusus untuk nabi yang terakhir, Allah SWT telah menetapkan kebijakan tersendiri. Pertama, nabi terakhir itu benar-benar nabi yang diutus untuk terakhir kalinya. Artinya, setelah itu tidak akan ada lagi nabi, meski hari kiamat masih jauh. Kedua, nabi itu hanya memiliki satu bahasa dan tentunya kitab suci yang diturunkan pun hanya satu bahasa saja. Dan bahasa yang dipilih adalah bahasa Arab.
Kemudian Allah SWT pun telah menetapkan bahwa cara manusia berkomunikasi dengan-Nya lewat ibadah shalat pun dengan menggunakan bahasa Arab.

 Shalat itu menjadi tidak sah ketika tidak menggunakan bahasa Arab, meski bukan berarti Allah SWT tidak mengerti bahasa Arab itu. Namun sengaja Allah SWT menetapkan bahwa shalat kepada-Nya hanya boleh menggunakan bahasa Arab saja.

Lantas ketika agama Islam ini disiarkan ke seluruh penjuru dunia, para shahabat, tabi’in dan generasi selanjutnya pun tetap konsekuen menggunakan bahasa Arab. Al-Quran Al-Karim pun tidak pernah diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Kalau pun suatu ketika diterjemahkan, maka terjemahannya itu tidak dianggap sebagai Al-Quran yang suci.

Bahkan kitab-kitab yang ditulis para ulama di seluruh penjuru dunia tetap menggunakan bahasa Arab. Meski ulama itu bukan keturunan Arab dan tidak lahir di negeri Arab. Namun bahasa Arab telah dijadikan bahasa yang menyatukan dunia Islam, dari ujung barat Moroko hingga ujung timur Marouke. Hingga bahasa yang digunakan oleh umat Islam pun juga bahasa Arab.

Tentunya ada alasan kuat mengapa bahasa Arab yang dipilih Allah SWT untuk dijadikan bahasa komunikasi antara langit dan bumi. Para pakar bahasa Arab sering kali menyebutkan di antara keistimewaan itu antara lain:

1. Bahasa Arab adalah induk dari semua bahasa manusia
Pendapat ini sering mengemuka ketika kita mempelajari sejarah suatu bahasa. Analisa yang sering digunakan adalah bahwa sejak manusia pertama, Nabi Adam as, menjejakkan kaki di atas bumi, beliau sudah pandai berbicara. Dan karena sebelum beliau adalah penduduk surga, di mana ada keterangan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab di dalam suatu riwayat, maka otomatis bahasa yang digunakan oleh Nabi Adam as itu adalah bahasa Arab.


Dan tentunya anak-anak keturunan Nabi Adam as itu pun menggunakan bahasa Arab. Meski pun setelah itu jumlah mereka tambah banyak dan tersebar ke berbagai benua, menjadi jutaan bahasa yang saling berbeda.
2. Bahasa Arab adalah Bahasa Tertua dan Abadi
Bahasa Inggris sekarang ini boleh saja dikatakan bahwa paling populer di dunia, akan tetapi tidak ada bahasa yang bisa bertahan lama di muka bumi selain bahasa Arab. Sebab sejarah membuktikan bahwa sejak zaman Ibrahim as. di muka bumi yang diperkirakan hidup pada abad 19 sebelum masehi, mereka tercatat sudah menggunakan bahasa Arab. Itu berarti bahasa Arab paling tidak sudah digunakan oleh umat manusia sejak 40 abad yang lalu, atau 40.000 tahun.

Bahkan analisa yang lebih jauh lagi menunjukkan bahwa bahasa Arab telah berusia lebih tua lagi. Karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Allah SWT untuk berfirman di dalam Al-Quran. Sementara Al-Quran itu sudah ada di sisi Allah SWT jauh sebelum awal mula diturunkan di masa Rasulullah SAW. Dan Allah SWT menjamin bahwa Al-Quran itu tidak akan lenyap hingga hari kiamat.

Artinya, bahasa Arab adalah bahasa yang sudah jauh sebelum adanya peradaban manusia dan akan terus berlangsung hingga akhir dunia ini.

3. Bahasa Arab adalah Bahasa yang Paling Banyak Diserap
Bahkan serapan dari bahasa Arab nyaris terdapat di hampir semua bahasa yang ada saat ini. Nyaris bahasa-bahasa yang kita kenal sekarang ini, telah banyak menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa Arab. Salah satunya adalah bahasa Ingrgris dan tentunya bahasa Indonesia.

Bahkan bahasa ilmiyah di dunia sains pun tidak lepas dari pengaruh serapan kata dari bahasa Arab. Istilah alkohol, aljabar, algoritme dan lainnya adalah bagian dari serapan dari bahasa arab.
4. Bahasa Arab Memiliki Jumlah Perbendaharaan Kata yang Paling Banyak
Salah satu keistimewaan bahasa Arab lainnya adalah kekayaan dalam jumlah perbendaharaan kata.

Mungkin karena usianya yang sudah tua namun masih digunakan hingga hari ini, sehingga penbendaharaan kata di dalam bahasa Arab menjadi sangat besar.

Sebagai contoh, salah satu peneliti bahasa Arab mengemukakan bahwa orang Arab punya 80 sinonim untuk kata yang bermakna unta. Dan punya 200 sinonim untuk kata yang bermakna anjing.
Wallahu a’lam bishshawab,

Sumber Tentang Keistimewaan Bahasa Arab : http://www.salaf.web.id



Beberapa kelebihan dan Keunikan Bahasa Arab daripada Bahasa Lainnya

(1). Bahasa Arab adalah bahasa yang maju dan kaya, dari segi keindahan makna, susunan, dan sebagainya. Tidak akan berubah sampai akhir zaman.
(2). Bahasa Arab digunakan ribuan tahun, dari masa sahabat sampai sekarang. Sedangkan bahasa Inggris (dan bahasa lainnya) baru 200 tahun. Sehingga Bahasa Arab tidak akan pernah terhapus sampai masa depan.
(3). Bahasa Arab adalah bahasa peradaban dan bahasa ilmu pengetahuan. Bahasanya sopan, resmi, untuk berdakwah, dan sabagainya. Sedangkan bahasa Inggris itu bahasa yang tidak beretika, biasanya cuma dipakai dalam bergaul saja.
(4). Bahasa Arab diucapkan dari hidung sampai tenggorokan. Sedangkan bahasa lain hanya diucapkan dari hidung dan mulut saja.
(5). Bahasa Arab, mempunyai huruf bermakhroj asli, tidak berubah-rubah. Contohnya makhroj lafadz : كَتَبَ (dibaca kataba). Sedangkan bahasa lain, makhroj tiap hurufnya bisa berubah. Contoh pada kata : foot (dibaca fut).
(6). Dalam bahasa Arab, satu kata mempunyai banyak makna. Contohnya pada lafadz : مَكْتَب bisa bermakna perpustakaan, kantor, tempat belajar, dsb.
Sedangkan bahasa lain, seperti bahasa Inggris satu kata hanya bermakna satu. Contoh dalam bahasa Inggris, kata : Library hanya bermakna perpustakaan. Tidak ada makna lain.
(7). Dalam bahasa Arab, setiap kata bahasa Arab dapat dijadikan pembahasan atau ilmu baru. Contoh lafadz : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . Kata bismi, bisa dijadikan sebuah pembahasan, yaitu tentang basmalah (dalam ilmu tajwid). Lalu lafadzh Allah, merupakan bahasan dari ilmu tauhid. Lalu kata Ar Rahman dan Ar Rahim, yang merupakan bahasan dari ilmu tentang sifat-sifat Allah atau yang biasa kita sebut Asma’ul Husna.
Sedangkan dalam bahasa lain, setiap kata itu tidak bisa dijadikan pembahasan atau ilmu baru.
(8). Bahasa Arab adalah bahasa yang mempunyai harokat. Dengan ataupun tanpa harokat, bahasa Arab tetap bisa dibaca. Sedangkan bahasa lain konsonan hurufnya mati. Susunan huruf hanya bisa dibaca dengan adanya huruf lainnya.
(9). Bahasa Arab adalah bahasa yang ringkas, singkat, tapi sudah bisa bermakna.
Contoh : أَبٌ (ayah), أُمٌّ (ibu), أَخٌ (saudara), dsb. Meskipun terdiri dari dua huruf, tapi itu sudah bermakna.
Sedangkan bahasa lain itu bahasa yang bertele-tele, membutuhkan banyak huruf supaya kata bisa bermakna.
Contoh : Father (ayah) > 6 huruf, mother (ibu) > 6 huruf, dsb.
(10).  Bahasa Arab, banyak digunakan banyak orang, baik yang sudah paham maupun yang belum paham (pasti diucapkan), misalnya bahasa Arab dalam sholat (bahasa agama),  banyak digunakan orang di seluruh dunia, sehingga bahasa Arab tersimpan di dalam hati setiap pengucapnya.
Sedangkan bahasa asing, diucapkan hanya yang sudah paham saja, tidak sampai ke taraf ibadah.
Dan kelebihan dan keunikan Bahasa Arab lainnya …
Semoga bermanfaat.
***
#Disarikan ulang, diringkas, dan dirangkum oleh penulis, ketika mengikuti “Seminar Bahasa Arab : Apakah Bahasa Arab mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan bahasa dunia?”, tanggal 28 November 2011, di Aula Student Centre.
Nara Sumber Seminar : Syekh Dr. Abu Yaman Qamry (Madinah), Dr. H. Muhbib Abdul Wahab, MA, dan Dr. Ahmad Dardiri, MA.